12 July 20190 Komentar | Dilihat : 555 kali
Ditulis oleh admin
Suasana Bimtek Biosecurity Pada Peternakan Ayam

Diskannak Tuban - Meningkatnya minat generasi muda pada budidaya ayam memberikan peluang untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi. Peningkatan minat usaha peternakan ayam dapat dilakukan melalui kegiatan peningkatan pengetahuan para pelaku usaha peternakan ayam.

Dalam rangka mencegah dan mengurangi dampak kematian pada ternak ayam, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban dalam hal ini Bidang Kesehatan Hewan melaksanakan kegiatan bimbingan teknis penerapan biosecurity pada peternakan ayam kegiatan optimalisasi kesehatan masyarakat veteriner tahun anggaran 2019.

Narasumber bimbingan teknis tersebut oleh Bapak Bhinuko, S.Pt Manager Technical Information System PT. Charoen Phokpand Indonesia, Jawa Timur. Peseta bimbingan teknis diikuti oleh para pelaku usaha peternakan ayam di Kabupaten Tuban meliputi para peternak mandiri, kemitraan dan kelompok santri tani milenial (KSTM). Bimbingan teknis tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 09 Juli 2019 di ruang pertemuan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban Jl. Merakurak Km. 04 Tuban.

Tujuan dari bimbingan teknis tersebut adalah memberikan edukasi dan pengetahuan kepada para pelaku usaha peternakan ayam di Kabupaten Tuban untuk mencegah masuknya agen penyakit ke dalam farm/ peternakan ayam.

Dalam kegiatan bimbingan teknis penerapan biosecurity pada peternakan ayam kepada pelaku usaha peternakan diharapkan dapat mengimplementasikan dan menerapkan hal tentang biosecurity pada peternakan ayam yaitu meliputi :

  1. Pengendalian lalu lintas (orang, kendaraan, peralatan).
  2. Lingkungan kandang yang sehat dan bersih
  3. Program sanitasi yang baik (penggunaan disinfectant yang tepat).
  4. Pengendalian vektor (tikus, lalat, kutu), program vaksinasi dan aplikasi yang tepat
  5. Program pengobatan yang sesuai.
  6. Program monitoring kesehatan hewan

Jika hal tersebut diterapkan oleh pelaku usaha farm /peternakan ayam maka dapat mencegah terjangkitnya penyakit pada ternak ayam dan dapat meminimalisir terjadinya kematian pada ternak ayam sehingga pendapatan semakin dan perekomian meningkatkan. (raw/zni)

Kategori
comments powered by Disqus