17 September 20210 Komentar | Dilihat : 89 kali
Ditulis oleh admin
Halaman Awal Dilan

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban bekerjasama dengan Dinas Komunusikasi dan Informatika Kabupaten Tuban mengembangkan aplikasi Digitalisasi Pengendalian Data Nelayan (Dilan) yang merupakan implementasi dari Undang–Undang Nomor 7 tahun 2016 dan Rancangan Peraturan Daerah tahun 2020 tentang Perlindungan dan pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, Petambak garam dimaksudkan agar Nelayan dapat menghadapi permasalahan kesulitan dan dapat meningkatakan kemampuan dalam melakukan usaha perikanan, hal ini dijelaskan dalam pasal 4 yaitu Lingkup pengaturan Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam meliputi: a. perencanaan; b. penyelenggaraan perlindungan; c. penyelenggaraan pemberdayaan; d. pendanaan dan pembiayaan; e. pengawasan; dan f. partisipasi masyarakat

Pada tahun 2011 Kementerian Kelautan dan Perikanan pernah melaunching aplikasi yang diberi nama aplikasi “PUPI” atau di alamat aplikasipupi.kkp.go.id, dalam aplikasi tersebut memuat tentang data nelayan di setiap Kabupaten seluruh Indonesia, Daerah dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban (nomenklatur lama)  diberikan menu data tabulasi atau bisa meng-export ke dalam data excel dan Nelayan diberikan kartu yang diberi nama KARTU NELAYAN dengan periode atau masa berlaku selama 5 tahun, tetapi aplikasi tersebut tidak memberikan menu atau master data yang bisa langsung dari aplikasi tersebut untuk mengintegrasikan dengan program yang ada di pemerinatah daerah dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban. Seiring berjalannnya waktu pada tahun 2018 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan aplikasi “PUPI” tersebut di tutup/close secara permanen dan digantikan dengan Aplikasi bernama “Satu Data”,  (https://satudata.kkp.go.id/)

Aplikasi SATU DATA adalah aplikasi untuk semua pelaku Usaha Perikanan yang terdiri dari Nelayan, Pengolah dan Pemasar, Pembudidaya Ikan, Pembudidaya Garam.  Aplikasi tersebut  menugaskan  petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban dan Penyuluh Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan hanya bisa menginput data nelayan yang tidak diberikan menu tabulasi (bisa dengan cara mengirimkan surat ke PUSDATIN) atau hanya bisa dilihat sesuai dengan account / user yang meng-input pada aplikasi tersebut dengan cara meng-copy Paste ke excel dan dalam aplikasi tidak diberikanan menu master data nelayan secara keseluruhan yang bisa mengintegrasikan data nelayan dengan program Daerah dalam hal ini Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Tuban sehingga untuk mengintegrasikan ke program Dinas memerlukan waktu untuk memvalidasi kembali dan hal tersebut memerlukan waktu extra

Atas dasar masalah tersebut diperlukan solusi  membuat aplikasi yaitu  “Digitalisasi Pengendalian Data Nelayan (DILAN) di Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban”, untuk dapat terwujudnya digitalisasi pegendalian data nelayan keseluruhan dan detail yang dikelola secara mandiri oleh Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Tuban sehingga  dalam penentuan kebijakan kedepan bisa lebih cepat dan tepat, dengan penetapan area reformasi birokrasi (Permenpan 25 tahun 2020) tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan perbaikan tatalaksana dengan hasil yang diharapkan data nelayan secara elektronik sehingga tujuan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dapat terwujud.

Tujuan Aplikasi Digitalisasi Pengendalian Data Nelayan (DILAN) yaitu :

  1. Terlaksananya penginputan data Nelayan di aplikasi DILAN secara detail
  2. Terwujudnya kartu elektronik (e-card)  di aplikasi DILAN  
  3. Terintegrasinya aplikasi DILAN (Digitalisasi Pengendalian Data Nelayan) dengan Progam Dinas khususnya di bidang perikanan Tangkap.

Kartu Nelayan

 Manfaat Aplikasi Digitalisasi Pengendalian Data Nelayan (DILAN) yaitu :

  1. Terdigitalisasinya secara Online data Nelayan  melalui aplikasi DILAN sehingga perbaikan Tatalaksana dalam penentuan kebijakan program bisa cepat dan tepat sasaran
  2. Basis data secara online untuk memudahkan dalam program perlindungan dan pemberdayaan.
  3. Sarana untuk pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban.
  4. Pelayanan dan pembinaan Nelayan
  5. Sebagai salah satu Syarat Untuk mendapatkan akses program dibidang perikanan tangkap pada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten tuban..
  6. Mempermudah stakeholder untuk mendapatkan informasi  terkait potensi data Nelayan,pengolah pemasar dan pembudidaya ikan di Kabupaten tuban.

Aplikasi ini dapat dibuka melalui alamat Website : https://dilan.tubankab.go.id. (doa/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus