15 May 20190 Komentar | Dilihat : 390 kali
Ditulis oleh admin
Kontes Ternak Tingkat Kabupaten Tuban

Diskannak Tuban - Upaya Khusus Sapi dan Kerbau Indukan Wajib Bunting  (UPSUS SIWAB) yang diluncurkan oleh Kementan sejak 2016 lalu mencakup dua program utama yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (Inka). Program Siwab yang merupakan amanat dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting menghadapi banyak tantangan, diantaranya ternak dengan Body Condition Score (BCS) rendah ≤ 2, penanganan gangguan reproduksi dan IB yang membutuhkan tenaga ahli (dokter hewan dan inseminator), serta harus terus dilanjutkan dan didukung sarana dan prasarana IB berupa ketersediaan semen beku, N2 cair dan container di depo Kab/Kota.  Untuk itu, komunikasi dan harmonisasi dalam pelaksanaan dilapangan merupakan kunci keberhasilan. Dampak lain dari program percepatan populasi sapi ini telah menumbuhkan kesadaran peternak untuk melakukan kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB).

Keberhasilan UPSUS SIWAB di Kabupaten Tuban akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan program Jawa Timur dan program Nasional, mengingat Kabupaten Tuban adalah gudang ternak Nasional. Populasi sapi potong di Kabupaten Tuban pada tahun 2016 mencapai 329.272 ekor dan terjadi kenaikan pada tahun 2017 mencapai 334.143 ekor serta pada tahun 2018 mencapai 339.563 ekor. Populasi sapi potong di Kabupaten Tuban dapat lebih ditingkatkan karena didukung oleh kondisi wilayah dan animo peternak sapi potong yang masih cukup tinggi. Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan populasi jumlah sapi potong di Kabupaten Tuban khususnya dengan cara meningkatkan angka kelahiran pedet.

Penghargaan yang telah diterima oleh Dinas Perikanan dan Peternakan pada Pelaksanaan UPSUS SIWAB Tahun 2018 diantaranya, Juara 1 Pencapaian Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) terbaik mendukung Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB), Juara 1 Pencapaian Kelahiran terbaik mendukung Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB), Juara 1 Rumah Potong Hewan (RPH) Ruminansia terbaik, Juara 2 Calon Indukan Sapi Peranakan Ongole (PO) Kontes ternak dan Panen Pedet serta Juara 3 Inseminator Terbaik Wilayah Introduksi Provinsi Jawa Timur.

Target UPSUS SIWAB di Kabupaten Tuban pada Tahun 2019 yaitu Inseminasi Buatan sebanyak 95.000 Akseptor, Pemeriksaan Kebuntingan 110.000 Ekor dan Pelaporan Kelahiran Pedet 80.000 Ekor. Disela-sela pertemuannya dengan petugas Inseminasi Buatan Kabupaten Tuban, Bapak Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban Dr. Ir. H. M. Amenan, MT menyampaikan bahwa “Mendapatkan jauh lebih mudah daripada mempertahankan”, sehingga perlu selalu yakin dan berusaha keras memaksimalkan potensi yang ada untuk dapat Menyukseskan UPSUS SIWAB Tahun 2019. (tb/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus