10 September 20210 Komentar | Dilihat : 49 kali
Ditulis oleh admin
Serah terima dari Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jatim Ke Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Tuban dan serah terima dari Diskannak Tuban ke KUB Nelayan Muslim dan Proses penebaran benih ikan di dalam laut

Underwater Restocking  merupakan penebaran benih ikan ke dalam rumah ikan (fish apartement) yang ditenggelamkan ke dasar laut minimal tiga bulan sebelumnya, sehingga benih ikan bisa berkembang biak dan besar dalam rumah ikan yang telah dipenuhi lumut atau tritip dan plankton sebagai sumber makanan benih ikan.

Maksud dan tujuan dari restocking ini adalah memulihkan mata rantai ekosistem dan memulihkan sumber daya kelautan yang ada di Pantura jawa ini Karena kita ketahui bahwa sudah overfishing dan  over exploited, pengkayaan sumberdaya ikan di laut territorial untuk meningkatkan populasi, penyediaan stock ikan dan pelestarian sumberdaya ikan di laut teritorial sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah laut teritorial di Jawa Timur.

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Muslim pada Selasa, 7 September 2021 melakukan restocking/penebaran benih ikan kerapu sebanyak 6.250 ekor dengan ukuran 6-8 cm di area fish apartement Perairan Kelurahan Panyuran Kec. Palang.

Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Perikanan dan Peternakan sangat berkomitmen dan konsisten dalam upaya pelestarian sumberdaya perikanan. Restocking yang dilakukan di Perairan Panyuran ini, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui kegiatan underwater restocking dari jenis kerapu. Tujuan di lakukan restocking kali ini adalah untuk mendorong kelestarian sumberdaya alam perairan yang selaras dengan pembangunan dan kesejahteraan nelayan.

Dipilihnya Kelurahan Panyuran sebagai tempat ditebarnya ribuan ikan karena disesuaikan dengan habitat aslinya. Dimana di perairan tersebut terdapat fish apartement. Selain itu, adanya komitmen dari kelompok masyarakat sekitar dalam  melestarikan  lingkungan perairan.

Saat ini sudah ada kepedulian dan berkomitmen dari masyarakat Panyuran untuk menjaga kelestarian ekositem fish apartement . Upaya yang dilakukan adalah dengan membentuk pokmaswas yang aktif melakukan pengawasan terhadap aktifitas nelayan dan kondisi perairan sekitar fish apartement serta menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan seperti pancing dan bubu (perangkap). Semoga dengan ditebarnya benih ikan kerapu di sekitar fish apartement diharapkan ekosistem perairan semakin heterogen dan perkembangan jenis ikan lainnya dapat berkembang biak dengan baik.

Sementara menurut Mualim, Ketua KUB Nelayan Muslim menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dan mendukung program restocking yang dilakukan di perairan Panyuran. Dengan adannya restocking, maka dapat menambah jumlah ikan di perairan dan nantinya diharapkan hasil tangkapan nelayan dapat meningkat. Kalau benih ikan ini bisa berkembang biak dengan baik, kami sebagai nelayan sangat diuntungkan karena mencari ikannya tidak terlalu jauh cukup disekitar sini saja. Selain itu, ikan jenis kerapu adalah ikan yang nilai jual yang tinggi, apabila kami mendapatkannya maka pendapatan kami bisa naik secara drastis, terangnya. (nc/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus