19 June 20190 Komentar | Dilihat : 397 kali
Ditulis oleh admin
Droping bantuan Ternak Ayam JOPER (Jowo Super) untuk Kelompok Santri Tani Milenial di Kabupaten Tuban

Diskannak Tuban - Meningkatnya minat generasi muda pada budidaya ayam JOPER (Jowo Super) memberikan peluang untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi, salah satu sasaran yang potensial untuk ditumbuhkan minatnya adalah santri yang berada di pondok pesantren.

Peningkatan minat santri di usaha peternakan dapat dilakukan melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Santri Tani. Santri tani diharapkan tergabung dalam Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) sebagai media organisasi pembelajaran dibidang peternakan dan dapat mengimplementasikan hasil bimbingan teknis (Bimtek) yang diikuti dalam bentuk beternak ayam di pondok pesantren. 

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban bekerjasama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang sebagai pelaksana kegiatan telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam upaya mendukung program tersebut diantaranya :

  • Pelatihan Budidaya Ternak Ayam yang diikuti oleh Kelompok Santri Tani Milenial di Kabupaten Tuban yang terdiri dari 17 kelompok, 9 Pesantren dari 8 Kecamatan di Kabupaten Tuban sebagai calon penerima bantuan ayam dari Kementrian Pertanian Tahun 2019.
  • Survei lokasi ke Kelompok Calon Penerima dari Tim Teknis Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban yang di pimpin langsung oleh Kepala Bidang Peternakan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Bpk. Ir. Imron Kholiq sekaligus mengecek kesiapan dari masing- masing kelompok baik tempat ataupun kesiapan personil kelompok dalam rangka menerima bantuan tersebut.
  • Serah terima paket bantuan ke Kelompok Santri Tani Milenial di Kabupaten Tuban dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2019. Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Bpk. Riyanto, Bpk. Hamyana, Bpk. Yanfernanda sebagai perwakil dari Polbangtan Malang beserta Mahasiswa pendamping, dan Tim Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban. Acara tersebut diawali dengan berkumpul di Pondok Langitan Kecamatan Widang kemudian menuju ke Ponpes Imarotul Qoirot Desa Minohorejo Kecamatan Widang selanjutnya dibagi menjadi dua tim untuk melaksanakan dan mengawal pengiriman paket bantuan ke kelompok penerima di masing–masing kecamatan.

Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan kompetensi santri dalam beternak ayam sehingga dapat meningkatkan pendapatan santri tani milenial dan penguatan kelompok. (tb/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus