10 July 20200 Komentar | Dilihat : 1210 kali
Ditulis oleh admin
Proses Pemeriksaan Kesehatan Hewan

Diskannak Tuban - Potensi peternakan di Kabupaten Tuban sangat besar, utamanya untuk ternak sapi potong yang tersebar di 20 kecamatan dengan populasi 344.203 ekor (Akurasi Data Peternakan Kabupaten Tuban tahun 2019) dan potensi tersebut terletak pada daerah perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dengan arus lalulintas ternak secara kontinue ke luar masuk Jawa Timur. Hal tersebut sangat rentan terjadinya penyakit hewan menular (PHM) pada ternak terutama pada sapi potong.

Pemerintah Kabupaten Tuban dalam hal ini Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban telah melaksanakan pelayanan pecegahan/pengobatan kesehatan hewan dan surveilence pada ternak sapi kegiatan pencegahan dan pengendalian penyakit hewan (P3H). Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 11 Juni 2020 sampai dengan bulan Oktober 2020 pada 20 Kecamatan di Kabupaten Tuban. Maksud kegiatan tersebut melaksanakan pelayanan kesehatan hewan ternak sapi potong/ kambing/ domba dengan target ± 2.500 ekor, melaksanakan pengambilan sampel darah (ulas darah dan serum darah), feses untuk di uji laboratorium, pemberian obat-obatan (antibiotic, vitamin, multivitamin, anti parasit, obat luka, salep kulit/mata dan premix) dan edukasi kepada peternak. Pada saat masa pandemin Covid-19 petugas tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan faceshield, cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19.

Tujuan kegiatan tersebut adalah agar munurunnya kejadian penyakit Hewan, meningkatkan Produksi dan Produktifitas ternak serta meningkatnya pengetahuan peternak tentang penyakit hewan menular sedangkan sasaran dari Kegiatan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Hewan (P3H) adalah sapi-sapi milik masyarakat, peternak yang mengalami gangguan kesehatan di kabupaten Tuban.

Upaya pelaksanaan kegiatan pecegahan dan pengendalian penyakit hewan (P3H) pada ternak tidak hanya dengan melakukan pemeriksaan/diagnosa dan pengobatan/perlakuan saja, tetapi juga sangat perlu upaya peningkatan pengetahuan peternak tentang manajemen kesehatan hewan. Karena tingkat pengetahuan peternak tentang kesehatan ternak sangat memegang peranan penting terhadap timbulnya penyakit pada ternaknya sendiri.

Kegiatan pecegahan dan pengendalian penyakit hewan (P3H) harus selalu dilaksanakan, hal ini untuk menunjang upaya peningkatan produksi dan produktivitas ternak di Kabupaten Tuban serta mencegah terserang penyakit hewan menular. Karena peningkatan populasi hanya diperoleh dari induk dan pejantan yang sehat. (raw/zni)

Kategori
-
Tag
comments powered by Disqus