23 March 20200 Komentar | Dilihat : 533 kali
Ditulis oleh admin
Pembinaan Pra NKV

Diskannak Tuban - Meningkatnya minat masyarakat akan kebutuhan telur untuk keperluan sehari-hari memberikan peluang untuk peternak ayam petelur untuk meningkatkan produksi sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan ekonomi. Peningkatan minat usaha peternakan ayam petelur dapat dilakukan melalui kegiatan peningkatan pengetahuan para pelaku usaha peternakan ayam petelur. Selain meningkatkan pengetahuan peternak, Pemerintah juga melakukan upaya untuk memberikan jaminan keamanan / kelayakan pangan asal hewan pada unit usaha pangan asal hewan serta mencegah dan mengurangi dampak kematian pada ternak ayam. Agar tujuan tersebut tercapai Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban dalam hal ini Bidang Kesehatan Hewan melaksanakan kegiatan pembinaan pra NKV (nomor kontrol veteriner) pada peternakan ayam petelur yang ada di Kabupaten Tuban.

Kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 03 Maret 2020 sampai dengan 19 Maret 2020. Dalam pelaksaan kegiatan tersebut memberikan pembinaan, wawancara, pengambilan sampel telur dan pemberian desinfektan dan obat anti lalat/ serangga.

Tujuan dari pembinaan pra NKV (nomor kontrol veteriner) pada peternakan ayam petelur adalah :

  1. Dapat mengetahui kondisi peternakan ayam petelur di Kabupaten Tuban.
  2. Mengedukasi pelaku usaha peternakan ayam petelur tentang kesehatan ternak, biosecurity dan keamanan pangan asal hewan.
  3. Sosialisasi tentang peraturan keamanan pangan asal hewan yang sesuai standar NKV (nomor kontrol veteriner).

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kepada pengusaha peternakan ayam petelur dalam managemen persiapan Pra NKV, Biosecurity, pencegahan dan penanggulangan penyakit ayam sehingga dapat mencegah dan mengurangi dampak kematian pada ternak ayam serta menjamin keamanan produk asal hewan (telur) kepada masyarakat. (raw/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus