12 August 20190 Komentar | Dilihat : 2763 kali
Ditulis oleh admin
Pemeriksaan Hewan Kurban

Diskannak Tuban - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, serta upaya pencegahan hewan kurban tidak layak dan peningkatan kualitas daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) yang beredar dimasyarakat, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban dalam hal ini Bidang Kesehatan Hewan melaksanakan pemeriksaan hewan/ternak kurban kegiatan optimalisasi kesehatan masyarakat veteriner tahun 2019.

Kegiatan pemeriksaan hewan/ternak kurban tersebut dilaksanakan mulai hari rabu tanggal 7 Agustus 2019 sampai saat hari pelaksanaan pemotongan ternak kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 H. kegiatan yang dilaksanakan adalah pemeriksaan antemortem (sebelum ternak disembelih) dan pemeriksaan postmortem (pemeriksaan ternak setelah disembelih). Sasaran pemeriksaan antemortem pada ternak kurban yang berada di tempat penampungan penjual ternak kurban dan lembaga yang memberikan fasilitas pemotongan kurban di Kabupaten Tuban, sedangkan untuk pemeriksaan postmortem dilakukan di masjid-masjid, musholla dan tempat pemotongan lainnya.

Hasil pelaksanaan pemeriksaan antemortem kegiatan tersebut masih dijumpai ternak yang belum layak / belum cukup umur sebagai hewan kurban, ada juga yang cacat (monorchird/ testis 1 buah), iritasi mata.

Hasil pemeriksaan postmortem dijumpai adanya cacing hati (Fasiciolosis sp.) pada organ hati dan pneumonia pada organ paru pada sebagian kecil hewan kurban. Organ hati maupun paru yang terjangkit penyakit tersebut di afkir, karena tidak layak konsumsi, sedangkan kualitas daging tetap aman untuk dikonsumsi, serta tidak ditemukan adanya gejala penyakit yang bersifat zoonosis.

Kegiatan ini diharapkan daging kurban yang beredar di masyarakat adalah daging aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) untuk dikonsumsi.

Kegiatan pemeriksaan antemortem dan postmortem ini dilakukan oleh tim bidang kesehatan hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban bersama-sama dengan Dokter Hewan anggota PDHI Jatim VI. (raw/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus