2 June 20200 Komentar | Dilihat : 412 kali
Ditulis oleh admin
Suasana Peringatan Hari Lahir Pancasila di Dinas Perikanan dan Peternakan

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kendati pandemi masih berlangsung dan 1 Juni merupakan tanggal merah, semua pejabat Eselon III dan IV Dinas Perikanan dan Peternakan melakukan peringatan Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan apel yang dipimpin oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Dr. Ir. M. Amenan, MT, Para peserta apel Hari Lahir Pancasila wajib  mengedepankan protokol kesehatan dengan tetap mengenakan masker dan menjaga jarak (Physical Distancing). Bapak Kepala Dinas memberikan arahan tentang pentingnya 4 pilar dalam kehidupan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia di ruangan Kepala Dinas.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 adalah Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju. Pada upacara Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi mengingatkan tentang tantangan dan kesulitan negara di tengah pandemi covid-19, Bangsa Indonesia harus optimis dan menjadi pemenang melawan Virus Corona alias covid-19. "Peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi covid-19 yang menguji daya juang sebagai bangsa. Menguji penngorbanan kita, kedisiplinan, kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang tepat dan cepat," kata Presiden Jokowi dalam amanatnya pada upacara Hari Lahir Pancasila.

Dalam menghadapi ujian tersebut kita bersyukur Pancasila menjadi bintang penjuru menggerakkan semuanya, dalam mengatasi semua tantangan dihadapi. Bapak Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat bersatu di momen Hari Lahir Pancasila demi menghadapi kesulitan di tengah pandemi covid-19, memperkokoh persaudaraan, kegotongroyongan dan menumbuhkan daya juang dalam mengatasi kesulitan tantangan yang dihadapi. Nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata. Pancasila harus menjadi nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Selain itu, Presiden Jokowi turut mengajak seluruh penyelenggara negara agar terus meneguhkan keberpihkan kepada masyarakat yang kesulitan tanpa membedakan kelompok, ras, dan agama. (den/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus