21 May 20190 Komentar | Dilihat : 1473 kali
Ditulis oleh admin

Diskannak Tuban - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban memiliki 2 Balai Benih Ikan (BBI) yaitu BBI Banjararum Kecamatan Rengel dan BBI Jojogan Kecamatan Singgahan yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI). Kegiatan yang dilaksanakan oleh BBI adalah pelayanan penyediaan benih ikan air tawar sesuai kebutuhan ikan yang diminta oleh pembudidaya ikan di wilayah Kabupaten Tuban.

Adapun bibit jenis ikan yang tersedia di BBI Banjararum dan BBI Jojogan adalah  ikan lele, nila, tawes dan tombro/ikan mas, selain melayani jenis Ikan tersebut BBI juga melayani pengadaan bibit jenis ikan air tawar lainnya yang dibutuhkan oleh pembudidaya diantaranya bibit ikan patin, gurami dan bawal sesuai kebutuhan/pesanan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan benih ikan lele maka BBI Banjararum Kecamatan Rengel telah mengadakan pemijahan ikan lele jenis mutiara sebanyak 2 pasang. Pemijahan 2 pasang ikan lele jenis mutiara yang dilakukan hasilnya sangat memuaskan telurnya banyak dan hampir menetas semua dan satu bak pemijahan ikan lele ukuran 2 x 5 meter penuh berisi tetasan bibit ikan lele.

Adapun tahapan pemijahan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Pemberian pakan induk ikan lele dengan ikan rucah dan pelet ikan agar induk lele yang betina cepat matang gonad/bertelur dan lele yang jantan bisa cepat dan siap memijah.
  • Menyiapkan lahan pemijahan dengan cara membersihkan dinding kolam dari lumut dan kotoran yang menempel dengan sikat. Lalu mengisi dengan air yang sudah diendapkan selama 3–4 hari.

  • Melakukan seleksi induk ikan lele yang sudah siap untuk dipijahkan.

  • Proses pemijahan biasanya terjadi antara pukul 19.00 sampai dengan pukul 03.00 WIB. Setelah memijah induk lele dipindahkan ke kolam penampungan sementara.
  • Telur yang dihasilkan menempel di media dari bahan ijuk/paranet.

  • Bibit ikan lele yang baru menetas.

Untuk kebutuhan benih ikan dapat menghubungi Bapak Andri Yuniansyah, S.Pi (Kepala UPTD BBI) dengan Nomor HP. 085232864850 (ay/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus