23 April 20200 Komentar | Dilihat : 396 kali
Ditulis oleh admin
Sosialisasi dan Pembagian Masker Gratis di TPI

Diskannak Tuban - Dinas Perikanan dan Peternakan bersama Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban melakukan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona pada pelaku usaha perikanan khususnya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), yang hingga hari ini masih melakukan aktiftas seperti biasa. Selain menyampaikan sosialisasi, Gugus Tugas juga membagikan masker kain gratis bagi nelayan dan pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di Kabupaten Tuban yaitu TPI Bulu, TPI Glondonggede, Plaza Ikan Tuban, TPI Palang dan TPI Karangagung.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Tuban, Dr. Ir. M. Amenan, MT mengatakan, di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil akibat Covid-19, sektor perikanan tetap akan mempertahankan kebutuhan protein hewani bagi masyarakat, yaitu dengan konsumsi ikan. Masyarakat diharapkan tidak kesulitan untuk mendapatkan ikan untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari dan meningkatkan tingkat imunitas dalam tubuh.

“Peranan TPI menjadi sentral, pasokan ikan harus tetap ada dan upaya pencegahan Virus Corona di lingkungan nelayan serta pedagang ikan harus menjadi perhatian khusus. Kita semua di sini melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat dan dipantau sampai tingkat pelaku,” terang Amenan.

Menurutnya, upaya pencegahan penyebaran Virus Corona pada pelaku usaha perikanan menjadi salah satu fokus utama saat ini dan kita berharap situasi segera membaik sehingga operasional TPI dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kesempatan tersebut, Gugus Tugas bersama Diskannak dan Muspika Kecamatan membagikan masker gratis yang telah disiapkan oleh pihak Diskannak dan pengelola TPI sebanyak 1.200 buah, selain pembagian masker juga dilakukan penyemprotan desinfektan dan penyediaan tempat cuci tangan beserta sabun di lingkungan Tempat Pelelangan Ikan.

Disamping upaya pencegahan yang telah dilaksanakan, Diskannak juga berupaya mengajukan Bantuan Sosial (Bansos) untuk nelayan dan pembudidaya ikan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebagai bentuk kepedulian kepada nelayan maupun peternak di Kabupaten Tuban yang terdampak Covid-19, Diskannak  menyerahkan bantuan paket sembako sebanyak 100 paket. Sumber pendanaan bantuan sembako berasal dari iuran internal pegawai Diskannak Kabupaten Tuban yang disalurkan melalui BAZNAS Kabupaten Tuban. (ma/zni)

Kategori
Tag
comments powered by Disqus